Selasa, 13 Oktober 2015

Tahun Baru Islam

Mesjid Sultan, Kampong Glam - Singapura. 


Tahun Baru - Perayaan tahun baru paling umum dirayakan pada tanggal 1 Januari. Pesta malam tahun baru, pesta kembang api, kumpul keluarga atau sahabat, membuat refleksi dan komitmen baru sering dilakukan dalam menyambut tahun baru.

Sebenarnya ada beberapa perayaan tahun baru dengan penanggalan lain. Perayaan tahun baru orang Cina jatuh antara bulan Januari dan Februari. Perayaan Rosh Hasanah adalah perayaaan tahun baru orang Yahudi yang jatuh antara bulan September dan Oktober, menurut penanggalan mereka. Umat Hindu di Bali merayakan Nyepi, tahun baru Hindu berdasarkan penanggalan Saka. Orang Islam merayakan tahun baru setiap tanggal 1 Muharam. 


Interior Mesjid Sultan, Kampong Glam - Singapore
Penanggalan Islam dihitung berdasarkan peredaran bulan. Dalam satu tahun terdapat 12 bulan: Muharram, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya'ban, Ramadan, Syawal, Zulkaidah dan Zulhijjah. Tahun penanggalan Islam biasa disebut tahun Hijriah, untuk menandai tahun di mana Nabi Muhammad SAW hijrah atau pindah dari Mekkah ke Medinah (tahun 622 Masehi)

Memperingati tahun baru dengan pawai obor. (sumber: republika.co.id)
Di Indonesia, 1 Muharam tahun 2015 jatuh pada tanggal 14 Oktober. Hari ini dinyatakan sebagai hari libur nasional. Meski begitu tahun baru Islam tidak dirayakan semeriah hari raya Idul Fitri. Pada saat tahun baru tiba, sebagian umat Islam mengadakan acara yang bernuansa islami misalnya acara syukuran, pengajian dan konser musik religi.  

Selamat tahun baru 1 Muharam 1437 Hijriah bagi yang merayakan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar